Beberapa Aplikasi di Windows Phone 8

Di artikel sebelumya, yaitu di (1) Menjajal Windows Phone 8 dan (2) Apa yang hilang saat kita pindah ke Windows Phone 8, sudah dibahas secara singkat tentang Windows Phone 8, serta beberapa aplikasi standard yang ada di Nokia Lumia 520. Dengan harga Rp 1.850.000,- (bundling Telkomsel dengan Mini Sim-Card-nya), saya sudah mendapat aplikasi resmi dan legal (berbayar) untuk Office 365-nya Microsoft. Begitu juga dengan diberikannya space gratis sebesar 7 Giga di SkyDrive, yang enak sekali untuk menyimpan segala file dan bisa diakses di mana saja dan kapan saja.

Sebelum bahas SkyDrive, kita bahas dulu aplikasi foto yang unik di Nokia Lumia 520 yuk. Beberapa aplikasi ini termasuk aplikasi standard yang sudah ada di Lumia, dan buatan Nokia. Pertama, aplikasi Creative Studio. Selain adanya filter warna, aplikasi ini bisa mengumpulkan beberapa foto dalam 1 frame (collage), serta mengaburkan latar belakang (blur background) foto. Tinggal corat-coret bagian yang mau dikaburkan, dan tekan tombol apply, langsung kabur backgroundnya.

140

142 143

.

Dan ini contoh foto yang menggabungkan beberapa foto dalam 1 frame.

144

Aplikasi foto lain yang saya suka (karena powerfulnya) adalah Fantasia Painter. Aplikasi ini gratis, namun beberapa filternya masih berbayar.

145

.

Coba lihat beberapa toolbar yang cukup lengkap di bawah ini.

146

Ada aplikasi standard untuk kamera yang menarik. Namanya Smart Shoot, buatan Nokia. Aplikasi ini bisa menghapus objek di latar belakang. Caranya adalah, aplikasi ini mengambil gambar sekali jepret langsung 4 frame. Jika ada obyek yang bergerak di belakang, Smart Shoot akan mendeteksi dan menggabungkan dengan frame sebelumnya. Untuk hasil maksimal, posisi smartphone harus dipegang kuat dan tidak bergerak selama beberapa detik, begitu juga obyek yang difoto. Obyek yang ada di latar belakang, akan terhapus sesuai dengan pilihan kita.

Berikut contoh screen capture hasilnya.

148 147

.

Yang saya lingkari merah adalah obyek yang akan dihapus. Pemilihan obyek yang ditandai garis-garis putih dipilih secara otomatis oleh aplikasi.

149

.

Dan ini hasilnya.

150

Semua foto asli, baik yang file besar (hasil dari kamera) maupun file kecil hasil edit, bisa langsung disimpan di Sky Drive. Kita pun bisa mengatur ukuran besarnya file yang kita upload ke Sky Drive.

Kita tinggal login di Sky Drive, dan di sana kita akan dapatkan beberapa folder penyimpanan. Tidak hanya foto yang bisa disimpan di Sky Drive, file Office pun bisa.

Sky Drive ini sebenarnya terintegrasi dengan email Hotmail kita. Terdapat beberapa bagian di sini. Outlook, agenda, kontak dan Sky Drive. Di dalam Sky Drive banyak fasilitas yang ada, kita bisa mengupload, mendownload/mengunduh, maupun menghapus file ataupun mengeditnya. Jadi kita tidak perlu membuka smartphone untuk mengaksesnya, cukup login melalui PC dan 4 bagian ini bisa langsung diakses. Foto yang disimpan di Sky Drive pun bisa kita ketahui informasi sekitar foto tersebut.

Berikut screenshot SkyDrive di Hotmail saya.

Skydrive PC Skydrive PC 2

Skydrive PC 3

Kini saya coba bahas peta di Lumia, ya. Nokia sudah membekali Lumia dengan aplikasi HERE. Ini aplikasi yang berhubungan dengan peta. Ada beberapa jenis aplikasi HERE di Nokia Lumia 520, yaitu HERE Maps, HERE Drive, dan HERE Transit. Karena di Lumia 520 tidak ada magnometer, maka di smartphone ini tidak bisa diinstall aplikasi HERE City Lens, padahal aplikasi ini sangat menarik, karena menggabungkan antara gambar, kamera, dan augmented reality, jadinya saya tidak bisa mereview aplikasi City Lens.

HERE Maps tidak perlu menggunakan jaringan internet ataupun wifi. Tapi untuk menentukan lokasi kita, perlu diaktifkan GPS lokasi di bagian pengaturan. Sebelumnya, kita diwajibkan mengunduh (download) peta offline-nya. Hampir semua negara sudah disediakan, kita tinggal mengunduh saja secara gratis. Besarnya file untuk peta Indonesia adalah 190 mb. Lumayan besar filenya. Namun kalau menggunakan jaringan internet yang cepat, tidak akan terasa lama dalam mengunduhnya. Saya masih menggunakan jaringan internet Telkomsel 3G, sehingga nyaman dalam mengunduhnya karena cepat jaringan internetnya.

Apa yang kita dapat dari file peta Indonesia sebesar 190 Mb itu? Peta Indonesia, lengkap dengan bangunan 3D-nya dan informasi yang ada di dalam gedung. Misal kita mau mengetahui ada apa saja di lantai 3 Plaza Indonesia Jakarta, kita tinggal menjelajah gedung 3D itu dan memilih lantai 3-nya saja. Nah di lantai tersebut akan ada nama-nama toko, dan jika kita klik/aktifkan nama toko tersebut ataupun lantai 3 tersebut, maka akan keluar informasi singkat tentang lantai 3 dan toko-toko tersebut. Bukan itu saja, kalau mau ke suatu tempat, kita tinggal mengetikkan nama tempat dan kotanya, maka peta akan berpindah dengan cepat ke lokasi yang kita cari.

151 152

.

Peta pun disediakan dalam bentuk gambar satelit.

156

.

Aplikasi HERE Drive, adalah aplikasi untuk penunjuk jalan. Berbagai info dihadirkan di aplikasi ini. Jika kita mencoba mencari tahu info dari satu lokasi ke lokasi lain, kita tinggal mengaktifkan petunjuk Directions, maka akan keluar info jarak tempuh maupun harus kemana kita berbelok ataupun menggunakan alat transportasi apa.

157 158

Masih banyak aplikasi menarik lainnya di Marketplace Windows Phone, baik yang berbayar maupun yang gratis, dan tentunya yang umum kita gunakan di smartphone lain. Kabarnya Instagram akan menyediakan juga aplikasinya untuk Windows Phone.

Oh iya, kita bisa membeli aplikasi yang menarik tanpa perlu menggunakan mata uang dollar maupun fasilitas PayPal. Telkomsel sudah menyediakan fasilitas pembelian aplikasi Windows Phone dengan hanya memotong pulsa kita.

Ada lagi aplikasi yang menarik. Yaitu Kids Corner atau Pojok Anak. Ini adalah aplikasi untuk mengamankan file-file atau aplikasi yang tidak perlu atau jangan sampai dikutak-katik anak kita. Tinggal masuk ke aplikasi Kids Corner, kemudian pilih aplikasi apa saja yang bisa di-share oleh anak kita. Mereka akan hanya dapat mengakses aplikasi yang disediakan, dan tidak bisa membuka aplikasi lain. Sudah terkunci. Untuk membukanya, kita tinggal me-restart smartphone kita, maka tampilan akan kembali seperti semula.

159

Biasanya kalau kita membeli smartphone Nokia, akan disediakan CD yang berisi aplikasi PC-Suite. Di Lumia yang saya beli tidak ada, dan ini mungkin merupakan standard paket yang ada, karena memang di website Nokia pun tidak ada PC Suite-nya. Tapi jangan takut, Microsoft sudah menyediakannya. Silakan download aplikasi PC Suite itu di sini (http://www.windowsphone.com/en-us/how-to/wp8/get-the-sync-apps?signin=true). Aplikasi ini namanya Windows Phone App, tersedia untuk Windows versi 7 maupun 8, serta untuk Macintosh.

Dengan aplikasi Windows Phone App ini, kita bisa mengunduh atau menyinkronkan file kontak, musik, foto maupun video dengan PC kita.

Windows Desktop 1 Windows Desktop 3

Hingga kemarin malam ada iklan di Kompasiana, lho, yang isinya mendapatkan smartphone Nokia Lumia 520, Nokia Lumia 720 dan Nokia Lumia 820 lho, smartphone Nokia yang keren tuh. Sayangnya di acara #WindowsZone, Lumia-nya tidak dibagikan secara gratis, melainkan dengan mengikuti lomba. #eh. Dan ternyata, banyak yang mengikuti lombanya. Cek ke sini deh.

windows Zone 2

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*