Apa yang hilang saat kita pindah menggunakan Windows Phone 8?

Apa yang hilang saat kita pindah menggunakan Windows Phone 8?

Sekarang pembeli gadget smartphone/tablet sudah mengutamakan apakah gadget yang dibelinya itu bisa menyediakan semua aplikasi yang dimauinya.  Teknologi makin maju, smartphone/tablet pun kini berlomba-lomba menggunakan teknologi demi memuaskan penggunanya, agar produktivitas dan mobilitas pengguna menjadi meningkat karena hanya menggunakan satu perangkat yang sering dipakainya.

Nah, Smartphone sekarang ini dijejali banyak aplikasi untuk mendukung produktivitas dan mobilitas pengguna. Salah satunya yang terpenting saat ini adalah aplikasi sosial media, selain aplikasi perkantoran. Setelah Microsoft membuat windows phone versi terbaru, sejak versi 7 dan kini versi 8, apakah sistem operasi Windows Phone juga bisa menyediakan apa yang dibutuhkan para pembeli/penggunanya, yaitu aplikasi-aplikasi sosial media?

Kalau menuruti apa yang biasa saya lakukan di Android sebelumnya, yaitu menginstall dan menggunakan aplikasi yang ada di sistem operasi ponsel lainnya, hanya aplikasi Path yang belum tersedia di Marketplace Windows Phone. Aplikasi lain yang sudah umum digunakan, sudah tersedia semua di Windows Phone.  Aplikasi Path sih hampir serupa dengan Facebook, namun banyak digunakan  untuk bertukar kabar kepada teman-teman dekat. Mungkin dalam waktu dekat, Path akan hadir juga di Windows Phone.

Tampilan aplikasi Facebook di Windows Phone belum banyak berubah, sejak dikeluarkan Februari 2012. Aplikasi ini dibuat oleh Microsoft, dan merupakan aplikasi standard untuk semua Windows Phone. Pihak Facebook sendiri belum mengeluarkan aplikasi khusus untuk Windows Phone.

03

02

Yang saya suka dari Facebook buatan Microsoft ini adalah tampilan yang sederhana dan tidak ruwet. Namun bagi yang ingin mendapatkan tampilan yang berbeda, ada beberapa pengembang yang membuat aplikasi Facebook dengan keragaman tampilannya. Silakan berkunjung ke sini http://www.windowsphone.com/id-id/store/search?q=facebook

Kalau untuk Twitter, Twitter Inc. sudah membuatkan aplikasi Twitter-nya untuk Windows Phone. Tampilannya tidak jauh berbeda dengan Twitter di sistem operasi gadget lainnya. Tapi bagi yang terbiasa menggunakan aplikasi pihak ketiga, ada banyak tersedia aplikasi untuk Twitter. Salah satunya adalah TweetCaster yang sebelumnya saya gunakan di Android. Di versi Windows Phone ini, tampilan TweetCaster tidak jauh berbeda, tapi yang menyenangkan adalah tidak adanya iklan-iklan yang kadang mengganggu, baik yang sekarang selalu muncul di awal maupun yang ada di bawah aplikasi (dan jika salah sentuh di layar, akan muncul pop-up iklan tersebut, dan langsung menuju situs toko pengiklan). Sampai sejauh ini, aplikasi ini enak digunakan, hanya kendalanya kadang server TweetCaster tidak menyambung ke server Twitter.

 04

.

Ada aplikasi untuk Twitter yang sementara ini hanya ada di Windows Phone, yaitu Mehdoh.http://www.windowsphone.com/id-id/store/app/mehdoh/150f3fc4-dc0d-4299-a8ba-069b70436ad7 . Aplikasi ini, yang hanya berharga $ 0.99, menarik, karena turut juga mengintegrasikan Instagram dan Soundcloud di dalamnya.

.mehdoh2

.

Oh ya, ngomong-ngomong soal Instagram, aplikasi populer ini belum ada di Windows Phone dan menurut kabar Instagram akan bermain juga di platform Windows Phone, tapi belum diketahui jadwal pastinya. Namun jangan sedih dulu, karena menganggap kalau menggunakan Windows Phone artinya tidak lagi bermain (berbagi) di Instagram. Gunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengaksesnya, yaitu Instance. Aplikasi yang sebelumnya bernama Itsdagram ini bisa digunakan secara gratis maupun yang berbayar.

Tampilannya tidak jauh beda dengan Instagram. Malah menurut saya, tampilannya lebih menarik dibanding Instagram, dengan adanya campuran Font khas Windows Phone.

.

05

06

07

08

09

.

Bagaimana dengan aplikasi Kompasiana? Adakah di Marketplace Windows Phone?

Jika kita ketik kata “kompas” di kolom pencarian Store Windows Phone, maka akan muncul beberapa aplikasi yang mengarah ke Kompas, termasuk Kompasiana.

.

kompas

.

Berikut tampilan Kompasiana di Windows Phone. Menarik sih, walau belum terinci semua isi Kompasiana. Kelemahannya adalah masih suka crash saat diakses, serta bar Kompasiana di bawah terlalu besar sehingga mengganggu tampilannya.

.

10

11

12

.

Ada dua kolom Most Popular dan Most Commented. Ini saya capture saat aplikasi ini belum crash seperti akhir-akhir ini. Jika kita telusuri artikel-artikel yang terpopuler dan terkomentari, maka akan keluar hasil sebagai berikut (akan menuju kompasiana versi mobile).

.

13

14

.

Untuk aplikasi Kompas.com, dari awal pembelian gadget sudah tersedia aplikasi Kompas.com buatan Nokia. Dan kini, setelah Kompas.com mengubah tampilan webnya, pihak PT Kompas Cyber Media sudah membuatkan aplikasinya untuk Windows Phone. Tampilannya keren dan sesuai dengan tampilan versi web/desktopnya. Saat mengakses video streamingnya, dengan jaringan Telkomsel, tidak ada proses buffering, bisa dilihat langsung tanpa terputus.

.

18

19

20

kompas2 kompas3

17

.

Bagi yang suka bergabung di forum Klik (klinik fotografi) Kompas, juga sudah disediakan aplikasinya.

.

21 22 23

.

Oh ya, untuk mengakses Kompasiana versi desktop, bukan versi mobile, silakan gunakan aplikasi bawaan Internet Explorer 10. Sebelumnya, di Android, saya menggunakan Opera yang versi Browser agar bisa menampilkan Kompasiana seutuhnya yang versi desktop, yang bisa melihat semua foto-foto yang tampil di Kompasiana. Dengan aplikasi Internet Explorer 10, kita tinggal hanya mengubah setting dari mobile menjadi desktop. Biasanya untuk memudahkan akses ke situs tertentu, kita menyimpannya dalam tab bookmark. Di Windows Phone dan Internet Explorer 10, kita tinggal mengeset pin to start agar situs Kompasiana.com bisa muncul di Live Tile.

.

24 25 26

.

Begitu juga untuk aplikasi KompasTV, lumayan bagus menurut saya. Tapi data yang ada masih berupa jadwal acara, namun bisa langsung nonton video streamingnya di situ.

.

30 31

Oh ya, untuk mengecek seberapa kencang jaringan Telkomsel saat kita mau mengakses video streaming, coba dulu cek dengan aplikasi SpeedTest, yang kali ini tampilannya lebih menarik dibanding tampilan di gadget berbasis sistem operasi lain.

32

.

Jadi ngga usah takut saat mau pindah ke Windows Phone, kita tidak akan kehilangan aplikasi-aplikasi umum yang sering kita gunakan.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*